10 Rekomendasi Lagu Terbaik Taylor Swift di Album Lover!


Finally, finally, finally!!

Akhirnya Jumat, 23 Agustus 2019 kemarin, Taylor Swift kembali meluncurkan album barunya bertajuk Lover!

Setelah berbulan-bulan gue stuck meratapi kesedihan akibat melewatkan konser Reputation Stadium Tour dengan mengulang beratus kali live concertnya yang didokumentasikan oleh Netflix, rasanya seneng gila waktu tau Queen Taylor kembali dengan karya terbarunya!

Berbeda dengan comeback-nya di Album Reputation yang bisa dibilang cukup misterius, di album ketujuhnya ini Taytay udah beberapa kali memberikan hint mengenai karya terbarunya di beberapa postingan instagram. Jika dark merupakan tema ia bawa di album lamanya, Album Lover seakan transformasi Taylor menjadi sesuatu berbeda dengan paduan warna pastel yang menghiasi karya terbarunya ini.

Perilisan single ME! dengan pasangan duetnya, Brendon Urie (Panic At The Disco!), menjadi awal konfirmasi Taylor Swift bahwa dirinya siap dengan album terbarunya.

source: billboard

Jika di Album kelimanya, 1989 (2014) ia banyak berbicara tentang cinta dengan genre barunya yakni pop, sementara di Album Reputation (2017) ia berusaha nge-shade banyak pihak, mengatakan kepada dunia bahwa ia merupakan controller dari yang orang orang pikirkan tentangnya, album Lover (2019) memberikan sesuatu yang berbeda.

Lover menunjukkan bagaimana Taylor Swift memilih untuk menjadi dewasa, menyetir kembali persepsi negatif orang-orang dengan lirik lagu positif, berbicara tidak hanya soal cinta dan sakit hati tapi juga merelakan, melepaskan, dan mensyukuri yang ia punya.

Rasanya seperti melihat Taylor Swift yang dulu tapi dengan aura yang lebih positif! Lagu-lagunya yang masih sangat "Taylor swift banget" membuat gue siap menabung untuk nonton konsernya kelak. Dari 17 lagu yang dirilis, gue menemukan 10 lagu terbaik yang sejak awal langsung mencuri hati gue. Semoga list ini bisa jadi rekomendasi untuk lo yang bingung harus memulai dengerin dari lagu yang mana.

source: billboard

1. I Forgot That You Existed

Listen: Here

Merupakan lagu pembuka Album Lover. Dengan musik yang light, lagu ini dengan mudah mengingatkan kita sama lagu I Like Me Better dari Lauv, dan gue langsung berharap bahwa ini bisa jadi soundtrack serie To All The Boys I've Loved Before nantinya haha!

Lagunya menggambarkan bagaimana Taylor merelakan kepergian seseorang dan menyadari bahwa kehilangan orang tersebut tidak berefek apa-apa terhadap hidupnya, bahkan membuat dia lupa bahwa orang ini pernah ada. Lagunya cocok banget buat lo yang lagi pengen punya mood bagus untuk ngelupain atau nge-ditch seseorang.

Pilihan tepat untuk membuka album Lover karena bikin orang moodnya langsung bagus dan tergambar dengan jelas mood apa yang dibawa Taytay di album ini. Menurut Swifties (sebutan fans Taylor Swift) lagu ini penggambaran hubungannya dengan Calvin Harris. Hmm, setuju nggak?

2. Paper Rings

Listen: Here

Kalau nggak ada lagu I Forgot You Existed, lagu ini mungkin yang akan sangat menjagokan. Mungkin lo heran karena ini adalah lagu yang sebenernya bukan Taylor Swift banget!! Tapi beat lagu ini bener-bener beat yang sangat gue suka. Melodinya yang agak kedebak kedebuk mengingatkan gue sama band pop-punk kaya lagu Can't Keep My Hands of You dari Simple Plan.

Moodnya bikin kita ngebayangin kalau lagu ini cocok banget dinyanyiin di serial Glee atau jadi soundtrack film-film romcom yang selama ini selalu menggunakan Raise Your Glass-nya Pink. Kalau lo suka dengan lagu upbeat, akan sangat mudah jatuh cinta sama Taylor Swift lewat lagu ini. Kalau gue denger album yang lama-lama juga kayaknya Taylor Swift belum pernah bawa beat se-happy ini dilagunya.

Kalau lo lebih suka lagu ballad Taytaymungkin this is not the one.

3. Lover

Listen: Here

Nah, kalau lo penggemar lagu yang agak mellow dengan makna yang dalem dan dengan cepat bilang lagu tipe tersebut "Ini Taylor Swift banget!" Lover adalah jawabannya. Dikali pertama lo mendengarkan lagu ini, lo pasti langsung terbayang sama lagu Dear John atau Last Kiss (Speak Now). Masih dengan tarikan tarikan yang suka Taylor kasih di lagu pelannya, Lover bisa jadi salah satu pilihan untuk lo memulai album ini.

Walaupun lagu mellow, Lover mengangkat makna yang cukup dalam dan liriknya mudah untuk diingat. Lagunya cocok untuk lo yang punya hubungan lama sama orang dan lagi ngerasa jatuh cinta banget!

4. Cruel Summer

Listen: Here

Menunggu lagu sejenis Style, Out of The Woods, atau agak agak All You Had To Do Was Stay (Album 1989)? Nah cobain Cruel Summer. Dibilang upbeat banget enggak, mellow banget juga enggak. Tapi pas dengerin lagu ini diawal-awal rasanya langsung bisa ngebayangin lagu ini dinyanyiin pas konser dan kayaknya enak buat nyanyi yang diteriak-teriakin gitu.

Tapi kalau kita liat dari maknanya kayaknya lagu ini cukup emosilnal buat Taylor Swift jika kita throwback ke masa-masa kelamnya sama Kanye West. Lewat lagu ini Taylor berusaha menjelaskan kondisinya saat itu dengan implisit tapi "humanizing".

Judul lagu ini juga salah satu "easter egg" di video klip You Need To Calm Down, judulnya ditato di tangan Ellen DeGeneres dan potongan liriknya juga ada di beberapa video klip tersebut.

5. ME! ft. Brendon Urie (Panic at The Disco!)

Listen: Here

Single pertama dari album ini juga cukup menarik dan menyenangkan untuk didengar. Kolaborasinya sama Brendon Urie kayaknya sudah jadi impian banyak Swifties sejak lama mengingat keduanya udah temenan dari dulu juga.

Melihat dari video klipnya pertama kali, Taylor Swift tampak menggambarkan bagaimana ia telah bertransformasi dari ular di Album Reputation menjadi seekor kupu-kupu dengan nuansa pastel. Video klipnya yang sangat cantik juga menjadikan standar yang tinggi untuk Taylor membuat video klip kedepannya.

Kalau lo lagi pengen cari lagu yang upbeat yang menggambarkan kepercayaan diri lo dalam sebuah hubungan, lagu ini bisa jadi pilihan latar lagu hidup lo.

6. I Think He Knows

Listen: Here

Udah lama nggak sih nggak dengerin lagu Taylor Swift yang menggambarkan serunya perasaan kali kali pertama suka sama orang? Apalagi orangnya kayaknya suka sama kita balik! Duh perasaan orang yang lagi kecintaan banget deh! Nahh, Taylor Swift balik lagi dengan mood itu di lagu I Think He Knows.

Lagu uptempo ini bikin pendengarnya pengen senyum-senyum sendiri dan pastinyaaa seru banget kalau dinyanyiin pas konser!

7. It's Nice to Have a Friend

Listen: Here

Pernah nggak sih lo dengerin lagu terus langsung terbersit seberapa cantiknya lagu itu? Menurut gue, It's Nice to Have a Friend salah satu lagu dengan tipe kaya gitu. Lagu paling singkat di album Lover ini (cuma 2 menit 30 detik) berisi bagaimana dua orang yang berteman lalu akhirnya menikah. Konsepnya hampir sama kaya Mary's Song (Oh My My My) (2006) tapi yang ini lagunya lebih ballad.

Manis banget deh ah pokoknya!

8. Death by a Thousand Cuts

Listen: Here

Nah lagu yang satu ini bisa dibilang jenis Taylor Swift banget! Mulai dari liriknya yang berupa sebuah cerita yang ingin ia sampaikan sampai beatnya yang pastinya familiar sama lagu-lagu Taylor Swift lainnya. Jadi kalau lo suka sama lagu-lagu Taylor Swift sebelumnya, kaya di album Fearless atau Speak Now, pasti akan sangat mudah relate dengan Taylor Swift versi lagu ini.

9. The Man

Listen: Here

Kalau lo merasa Taylor Swift sangat berani speak up di single You Need To Calm Down (Lover, 2019), lo harus tau bahwa dia nggak cuma speak up soal keresahan dia tentang intimidasi LGBT aja di album ini. The Man juga salah satu karya di mana Taylor mencoba menyampaikan keresahannya tentang kesetaraan gender.

Lagu ini bisa dibilang salah satu lagu yang punya makna cukup dalam. Di lagu ini Taylor merasa so sick bahwa dia harus berusaha lebih banyak daripada yang dilakukan oleh para laki-laki, padahal dengan apa yang dia lakukan dia udah setara dengan figur laki-laki.

Menariknya, tanpa penggunaan kata yang kasar (yang dia juga gapernah selipkan di lagu manapun) atau kata intimidasi seperti di beberapa lagu dari Album Reputation, pernyataan di lirik The Man cukup menohok dan menunjukkan seberapa powerful Taylor Swift.

10. Soon You'll Get Better ft. Dixie Chicks

Listen: Here

Lagu mellow yang terakhir gue suka dari album ini adalah kolaborasi Taylor Swift dengan Dixie Chicks ini. Lagunya sangat mengingatkan gue dengan lagu Never Grow Up (Speak Now, 2010) yang ia ciptakan untuk adiknya, melodinya dan tarikan di tiap liriknya sangat mirip.

Kalau mau liat cerita dibalik dari lagu ini ditujukan oleh Ibunya, Andrea, yang didiagnosis kanker. Taylor mengakui bahwa lagu ini adaah salah satu terberat yang ia tulis dan harus melewati persetujuan keluarga dulu untuk menaruh lagu ini di album Lover atau nggak.

"There’s a song called Soon You’ll Get Better on Lover that was really really hard to write, and it was also a family decision whether to even put it on the album. And I think songs like that that are really hard for you to write emotionally, maybe they are really hard to write and hard to sing because they are really true." Ujar Taylor Swift di Lover's Longue.

Berikut adalah 10 lagu terbaik di album Lover versi gue. Kalau bisa memberikan satu list tambahan gue akan memasukkan You Need To Calm Down, untuk mengapresiasi betapa boldnya pernyataan Taylor di lagu tersebut.

Sebenernya dulu salut banget sama Taylor waktu di Album Reputation bagaimana ia sangat tertutup mengenai album itu bahkan tidak melakukan banyak promo, sangat berbeda banget sama di album ini yang sepertinya Taylor emang mau menunjukkan eksistensinya kembali yang ngebuat gue sedikit kaya "yaahhhh, padahal I like Taylor with mystery".

Tapi apapun itu, gue tetap mengapresiasi album Lover ini yang sangat menggambarkan Taylor Swift yang sudah dewasa. Kalau denger dari album pertamanya Taylor, rasanya bener-bener tumbuh bersama Taylor. Semoga banget bisa nonton konsernya nanti!

Share juga list lagu favorit lo di komen bawah yah!

Salam Hombimba,

Graisa

xoxo

#NEWPOST

164 views
SEARCH
ABOUT ME

A Ravenclaw-kind-of-girl. Unstoppable talker. Clichest & blurnest thinker. 

I write about books, films, art performances, and my daily  thoughts during traffic jam.

GRS Project is my home for all of my writings, thoughts, or complains about life.

GET IN TOUCH
  • YouTube - Grey Circle
  • Twitter - Grey Circle
  • Instagram - Grey Circle
  • LinkedIn - Grey Circle
BE THE FIRST ONE TO KNOW
Please reload

SEARCH BY TAG
Please reload

FEATURED POST

Recent Updates

Logo ungu Transparent.png
  • YouTube - Grey Circle
  • Twitter - Grey Circle
  • Instagram - Grey Circle
  • LinkedIn - Grey Circle