Review First Man (2018): Kisah Romantis Penginjak Bulan


First Man (2018)

from USA

Directed by Damien Chazelle| Written by Josh Singer | Music Composed by Justin Hurwitz

Starred : Ryan Gosling, Claire Foy, Jason Clarke, Kyle Chandler

Watch The Trailer here!

Untuk gue yang nggak begitu tertarik dengan segala tetek bengek space, astronaut, dan apapun yang diluar bumi, gue sangat menikmati film ini.

Menyoroti awal kesuksesan Neil Armstrong (Ryan Gosling) ketika berhasil masuk tim NASA Pilot dan menerbangkan roket X-15 sampai ke atmosfer. Tidak lama setelahnya, ia harus melalui pergulatan batin karena kehilangan anak perempuannya akibat kanker otak. Armstrong berusaha mendaftarkan diri kembali untuk Project Gemini dan terpilih menjadi penerbang Gemini 8 bersama dengan pilot David Scott (Christopher Abbott). Kesuksesannya pada Project Gemini 8 membuatnya kembali terpilih untuk memimpin Apollo 11 - project yang diusung untuk membuktikan kekuatan US terhadap Uni Soviet saat itu. Dalam perjalanannya, Armstrong harus bertubi-tubi kehilangan rekan dan sahabatnya, belum lagi kenyataan bahwa kecil kemungkinan ia kembali ke bumi dan harus meninggalkan keluarganya.

Sebagaimana film biografi lainnya fokus film ini ya memang satu, perjalanan Neil Armstrong itu sendiri. Filmnya asik menggambarkan kehidupan para astronot juga dengan kode-kode yang biasa digunakan.

Walaupun temanya sendiri adalah kehidupan astronot dan luar angkasa, gue justru merasa fim ini lebih menyoroti sikap romantisme Armstrong dalam menghadapi permasalahan dalam hidupnya.

source: imdb

Ceritanya cukup kuat menggambarkan emosi dan seberapa perasa-nya Neil Armstrong ini. Mulai dari bagaimana dia memperlakukan istrinya (Claire Foy), anak-anaknya, juga bagaimana sikap yang ditunjukkannya ketika kehilangan sahabatnya satu persatu.

Walaupun dalam sejarahnya banyak campur tangan dan isu politik, di filmnya sendiri nggak terlalu banyak ngangkat sisi politiknya, dan gue kagum bagaimana Damien Chazelle bahkan nggak melibatkan bendera US di klimaksnya.

"I don't know what space exploration will uncover, but I don't think it'll be exploration just for the sake of exploration. I think it'll be more the fact that it allows us to see things. That maybe we should have seen a long time ago. But, just haven't been able to until now."

- Neil Armstrong

Gatau kenapa, feel-nya beda dibanding ketika nonton Gravity atau Interstellar. Lebih tidak membosankan dan nggak bertele-tele. Mungkin juga karena dukungan aransemen musik yang masih ciamik dari Justin Hurwitz. Film ini merupakan kolaborasi ketiga antara Damien Chazelle dan Justin Hurwitz setelah Whiplash (2014) dan La La Land (2016), dan juga project pertama mereka membuat film yang nggak bernuansa musikal. Pun begitu, nggak bisa dipungkiri campur tangan Hurwitz di dengungan musik dalam First Man emang menghidupkan film banget.

Berbeda dengan di La La Land di mana Damien Chazelle senang menggambarkan scene dengan wide angle dan pan terus-terusan, di film ini Chazelle lebih bermain dengan close up dan goyang goyang gitu deh gambarnya. Untuk beberapa orang kayaknya akan bikin pusing atau bosen nontonnya. Tapi yang kaya gue bilang tadi, pilihan musik dari Justin Hurwitz somehow bikin kita yang nonton jadi tersanjung sendiri ngeliatnya, gue sampe mau nangis dan juga takut deg-degan padahal ini film drama. LOL.

Last but not least, let's give it up to the actors. Ryan Gosling emang nggak main-main sih kerennya memainkan sosok Armstrong ini. Ga ngerti ini orang kenapa bisa fokus banget ya kalau akting, keliatan banget natural, nggak dibuat-buat, dan kegundahan emosinya si Armstrong ini bisa tergambar jelas di mukanya. Bahkan sosok Seb yang melekat semenjak La La Land bisa diilangin gitu aja sama orang ini padahal kayaknya latar waktunya hampir sama-sama gitu. Diimbangi dengan kemahiran Claire Foy juga yang hidup banget karakternya. Pas nonton si Foy ini emang berasa bisa ngerti banget yang lagi dia rasain dan apa yang ada di pikirannya.

source: giphy

Denger-denger, pemilihan Gosling di film ini udah ditentuin sebelum masa produksi La La Land jadi emang nggak sengaja aja akhirnya si Chazelle main lagi sama Gosling. Either way, kolaborasi mereka emang menyempurnakan film banget dan bikin nggak sabar liat kolaborasi di film lainnya - tapi please jangan setelah ini, karena pengen liat Chazelle direct aktor lain juga.

Salam Hombimba,

Graisa

xoxo

#NEWPOST #EnglishFilm

15 views
SEARCH
ABOUT ME

A Ravenclaw-kind-of-girl. Unstoppable talker. Clichest & blurnest thinker. 

I write about books, films, art performances, and my daily  thoughts during traffic jam.

GRS Project is my home for all of my writings, thoughts, or complains about life.

GET IN TOUCH
  • YouTube - Grey Circle
  • Twitter - Grey Circle
  • Instagram - Grey Circle
  • LinkedIn - Grey Circle
BE THE FIRST ONE TO KNOW
Please reload

SEARCH BY TAG
Please reload

FEATURED POST

Recent Updates

Logo ungu Transparent.png
  • YouTube - Grey Circle
  • Twitter - Grey Circle
  • Instagram - Grey Circle
  • LinkedIn - Grey Circle