Rekomendasi Channel Youtube Untuk Remaja

Heyy you!

Akhir-akhir ini orang lagi kilas balik sama apa yang terjadi satu dekade ke belakang. Apa sih hal menarik yang terjadi dalam satu tahun terakhir versi lo?


Gue mengingat kembali apa yang menarik dari satu dekade terakhir di hidup gue. Di tahun 2010 itu adalah masa-masa gue baru masuk SMA dan sepertinya awal-awal gue heboh menonton Youtube. Seiring berjalannya waktu, Youtube juga makin heboh dan kayaknya mencapai titik puncaknya di Indonesia di tahun 2015-2016 kali ya.


Sejak saat itu, Youtube kayaknya udah jadi sosial media primer untuk orang-orang. Mengingat sekarang visual is a must dan bisa diuangkan pula, orang mulai berlomba-lomba menghasilkan konten. Kualitas mulai dinomorduakan, yang terpenting adalah relevancy dan menarik orang untuk mengkonsumsi.


Akhirnya, banyak konten kreator bikin video yang nggak jelas, isinya cuma clickbait, ngerjain orang, dan memamerkan hal-hal yang gue sendiri kurang paham keuntungannya buat orang yang nonton apa. Sekarang kalau disuruh nyebutin content creator Indonesia yang bisa dijadiin someone to look up to or inspired me jujur gue pun susah buat nyebutin.


Akhirnya gue skip cari konten dari kreator Indonesia, dan mencoba melihat pembuat konten luar sampai akhirnya gue menemukan beberapa channel yang membuat gue bergumam: This is what I want to consume during my early years in Youtube.


Gue menonton video dari channel-channel ini untuk beberapa bulan untuk melihat konsistensinya. Dan gue menemukan bahwa kontennya menarik, super entertaining, positif, nggak cuma sekedar clickbait, dan yang menyenangkannya adalah nggak berusaha terlihat keren dengan berusaha swearing.


Penggunaan thumbnails yang menggunakan warna cerah walaupun tetap artsy membuat gue mengerti bahwa target pasarnya remaja seusia mereka (SMP - SMA - Kuliah awal) kalau tidak semua umur. Dan gue sangat ingin merekomendasikan mereka buat lo yang mencari channel Youtube dengan tipe fun, fresh, engaging, dan entertaining.


Buat lo yang masih diusia remaja dan pengen dapetin konten kreatif yang bikin lo ngeliat dunia sana seru banget ++ bisa belajar bahasa inggris juga - karena penggunaan bahasa inggris mereka vocabulary-nya nggak susah untuk dimengerti, nih gue ada beberapa pilihannya! Silakan dicek:


1. Sarah Jane Betts

Channel: Sarah Betts


Yang pertama ini adalah favorit gue banget, Sarah Betts! Pertama kali nemu akunnya langsung nggak berhenti nonton video-videonya. Akun Sarah ini juga akun youtube pertama yang lalu akhirnya mengantarkan gue ke akun lainnya di list ini.


Sarah Betts adalah Youtuber asal Australia. Kalau diliat dari akun Youtube-nya, Sarah mulai upload video sejak 3 tahun lalu dengan tema yang nggak jauh berbeda sama yang dia masih suka upload sampai sekarang yaitu DIY, clothing haul, related to school preparation, life hack, dan boyfriend tag.


Yang gue suka dari Sarah sih sebenernya aksennya lucu dengan penggunaan vocab yang diulang-ulang. Dari videonya sih keliatan kayak anak yang positif gitu (haha sotoy), seneng nonton videonya karena dia nggak pernah swearing dan ngerjain orang sama sekali walaupun diusianya banyak yang berusaha terlihat keren dengan mengumpat atau hobi prank. Terus background apartemennya tuh kaya artsy dan clean banget aja. Gimmick colorful yang dia mainin rasanya juga bikin videonya fresh banget gitu.



Entah kenapa, Sarah juga nggak keliatan kaya Youtuber yang pengen terlihat fancy, jadi image yang dia bawa lebih ke imut, cute, dan ala-ala vsco girl gitu. Dulu dia punya pacar namanya Kane, dulu Kane ini yang suka ngerekamin dia, tapi setelah putus sih juga kayaknya masih main bareng. Setiap dia bikin video sama Kane juga bukan yang norak yang nempel-nempel gitu, tapi bener-bener kaya temen deket aja ++ anaknya gapernah clickbait!! Love it!


Akhir-akhir ini sih dia kaya keabisan ide bikin video apa, jadi kayak temanya similar. Walaupun gitu sih rasanya masih seneng buat nonton. Coba tonton videonya 1-2 tahun lalu, rasanya tuh ngeliat dia ugh menarik banget!


Gue paling suka kalau dia udah ngebahas soal school supplies, life hack, atau online shopping. Ini video favorit gue:


2. Sydney Serena

Channel: Sydney Serena


Kalau Sarah dari Australia, Sydney Serena ini dari Amerika. Mengingat gaya dan tipe konten mereka sama makanya nggak heran kalau kayaknya mereka notice satu sama lain dan sepertinya juga temenan - karena waktu Sarah ke Amerika juga suka ketemu sama Sydney.


Sydney yang biasanya menyebut dirinya 'Syd' kayaknya salah satu Youtuber yang cukup terkenal dengan fans yang lumayan banyak juga. Walaupun thumbnails youtube-nya nggak se engaging Sarah, kontennya tetap menarik. Sydney lebih suka membagikan vlog kehidupannya dia, fun challenge yang berhubungan dengan starbucks, atau cara dia berpakaian. Sydney juga suka bikin konten fun prank ke fansnya via chat dan telfon - yang menurut gue kocak banget instead of merendahkan orang yang dikerjainnya.


Kalau kita coba scroll timeline youtubenya, video pertama Sydney diunggah hampir 5 tahun lalu di pertengahan 2014. Videonya masih super minim editan dan dia keliatan muda banget tapi dari dulu dia emang udah tertarik untuk ngomongin soal lifestyle dia sih.


Btw, kalau mau belajar bahasa inggris dengerin dia ngoong enak juga nih karena cara ngomongnya teratur dan vocabnya bervariasi juga.




3. FBE/REACT


Kalau lo suka nonton video studio buzzfeed, mungkin lo juga akan suka dengan akun ini. Gue menemukan akun ini hampir 3-4 tahun lalu dan sampai sekarang masih cinta banget! Dan sepertinya beberapa orang udah akrab juga dengan akun ini.


FBE/REACT ini adalah agency yang khusus produksi video youtube. Didirikan sama Fine Brothers Entertainment. Video mereka seputar reaction, tebak-tebakan, try activity, etc - yang pasti seru banget. Mereka punya dedicate group untuk jadi castnya yang biasanya dikelompokkan sesuai umur seperti kids, teen, adult, dan elderly.


Channel: FBE | REACT


Cast yang mereka punya ini kayaknya diaudisi dan udah biasa ngomong gitu jadi yang komentar tuh emang seru+aktif banget - jadi gue yang nonton tuh kaya terhibur sendiri. Dan kalau udah nonton beberapa videonya, rasanya kenal banget sama reactors-nya karena emang biasanya mereka mereka lagi. Tapi selain itu mereka juga suka kolaborasi sama penyanyi atau youtubers.


Akun FBE dan REACT masih dalam satu perusahaan dan sebenernya jenis videonya mirip-mirip jadi gue sendiri kurang begitu tau pembedanya apa. Yang pasti keduanya selalu membahas hal-hal yang emang lagi jd tren pop masa kini. Potongan potongan videonya juga suka viral di facebook, jadi mungkin lo udah terbiasa nonton juga.


Gue sendiri paling seneng kalau udah nonton video jenis tebak lagu jaman dulu yang biasanya dikasih judul "Do teen remember songs in xxx". Nah kalau lo udah terbiasa nonton, cobain nonton yang FBE Staff challenge di mana staff staff FBE dikasih challenge tertentu - kadang juga berhubungan dengan reactorsnya.


Seru banget! Dan gue jadi seneng ngomong bahasa inggris gara-gara channel ini juga.


4. LaurDIY


Buat lo yang kreatif dan suka prakarya, mungkin akun yang satu ini lebih cocok untuk lo. Channel milik Lauren ini sering menyajikan video cara membuat dekorasi rumah, school supplies, hingga make over merchandise artis dengan keahlian DIY-nya.


Dikenal sejak lama sebagai salah satu Youtuber yang super kreatif, Lauren bukanlah youtuber baru mengingat udah beberapa kali juga muncul di Youtube Rewind.


Channel: LaurDIY


Selain DIY, Lauren juga cerita soal kehidupan pribadinya, her thoughts, fashion and makeover. Sama dengan akun sebelumnya, konsep thumbnails yang dipilih Lauren juga didominasi sama warna-warna cerah dengan copy yang engaging, jadinya mudah menarik perhatian dan membawa kesan fun untuk kamu-kamu yang masih remaja.


Lauren juga punya branding yang fun, young, dan kreatif sehingga terlihat jelas pasarnya emang untuk anak remaja yang lagi cari ide kreatifitas. Mungkin di antara channel lainnya yang gue rekomendasikan di sini, channel Lauren yang palin jarang gue tonton. Tapi, setiap nonton videonya, gue selalu merasa ada aura positif dari sisi Lauren ini.


Ini salah satu video favorit gue dari Lauren!

5. bestdressed


Tadinya gue ragu mau memasukkan channel ini di list karena cukup kontradiksi dengan tujuan gue membuat post ini. Awalnya gue hanya mau ngasih rekomendasi channel yang sekiranya nggak pernah membahas hal-hal berbau seksual dan ngak pernah ngomong kasar, well, tapi kalau suruh milih untuk meng-exclude channel yang satu ini susah juga mengingat videonya inspiratif dan enak banget ditonton! And I believe there's a teenage market for this kind of video.


So, here it is! bestdressed adalah channel milik Ashley yang berdomisili di LA, Amerika - yang sepertinya tidak lama lagi akan pindah ke NYC. Buat lo yang suka banget sama fashion, video tentang thrifting, lagi cari inspirasi tentang how to mix and match your outfit, Ashley bisa banget dijadiin panutan.


Channel: bestdressed


Jenis video Ashley mungkin tipenya banyak karena nggak cuma sekedar vlog aja tapi konsepnya sendiri nggak jauh dari fashion dan lifestyle. Kalau lo berpikir pengen sekolah film di LA, Ashley ini mahasiswa sekolah film di UCLA jadi dia juga pernah bikin video tentang sekolah film UCLA dan kehidupan di LA sendiri.


Ashley punya pembawaannya yang menarik dengan cara bicara yang cepat ditambah sarcasm dan kalimat-kalimat savage yang terselip di setiap omongannya. Kalau di inner circle gue pasti menganggap "ini pasti anak anak cool kids". Mengingat dia anak perfilman, jadi setiap bikin video juga nggak asal dan terlihat aesthetically pleasing.


Cuma, kalau mau nonton dia harus sabar-sabar aja karena videonya cenderung memiliki durasi lama (rata-rata di atas 8 menit), mungkin karena keliatan ini orang bikin yaudah bikin aja nggak peduli orang bilang apa atau nyaman atau gak.


Itu dia 5 rekomendasi channel Youtube yang bisa lo jadi pilihan untuk sekedar killing time or to get inspiration. Tapi yang paling penting, kalau lo punya relatives yang usianya nanggung atau masih remaja, gue harap lo bisa rekomendasiin channel-channel ini ke mereka supaya mereka nggak ngerasa stuck dengan pilihan terbatas dari channel Indonesia.


Kalau lo ada rekomendasi lainnya, boleh tinggalin di kolom comment! Semoga berguna!


Salam Hombimba,

Grey.

0 views
SEARCH
ABOUT ME

A Ravenclaw-kind-of-girl. Unstoppable talker. Clichest & blurnest thinker. 

I write about books, films, art performances, and my daily  thoughts during traffic jam.

GRS Project is my home for all of my writings, thoughts, or complains about life.

GET IN TOUCH
  • YouTube - Grey Circle
  • Twitter - Grey Circle
  • Instagram - Grey Circle
  • LinkedIn - Grey Circle
BE THE FIRST ONE TO KNOW
Please reload

SEARCH BY TAG
Please reload

FEATURED POST

Recent Updates

Logo ungu Transparent.png
  • YouTube - Grey Circle
  • Twitter - Grey Circle
  • Instagram - Grey Circle
  • LinkedIn - Grey Circle