5 Dokumenter yang Bikin Gue Ketagihan Nonton Film Dokumenter!


Apa sih yang ada di pikiran lo kalau denger Film Dokumenter? Banyak dari temen-temen di sekitar gue menganggap film dokumenter itu membosankan dan terkesan menggurui. Lagian, tema yang diangkat terkadang memberikan kesan terlalu berat.

Beberapa beranggapan bahwa film dokumenter lebih banyak berkaitan untuk promosi suatu campaign tertentu. Entah untuk mengusung keselamatan lingkungan, perlindungan hewan, kesadaran bahaya kesehatan atau sekedar kriminalitas mengenai finansial kelas kakap. Intinya, obrolan berat.

Tapi, tren menyukai film dokumenter tiba tiba menjadi menarik setelah beberapa hari terakhir menjelang pemilihan presiden, keluar satu film dokumenter yang memprovokasi pilihan orang-orang, Sexy Killers (WatchDoc, 2019). Tapi gue nggak akan banyak ngomong soal film itu di sini, karena gue pribadi tidak menyetujui sepenuhnya dari informasi yang disajikan.

Taukah elo bahwa sebenernya banyak film dokumenter lainnya yang pembahasannya seru layaknya film fiksi action/crime/drama tapi nyatanya case itu benar adanya dan bahkan masih konspirasi di dunia nyata? Atau sekedar informasi lebih dalam tentang suatu fenomena?

Buat lo yang gatel pengen lagi nonton film dokumenter dengan tema seperti ini dan enggan mikir yang berat-berat, gue ada beberapa rekomendasi dokumenter untuk lo tonton di akhir pekan.

Walaupun gue masih lack of knowledge soal dunia dokumenter, tapi deretan film yang akan gue rekomendasikan ini yang membuat gue sendiri akhirnya jatuh cinta dan suka banget kalau disodorin film dokumenter. Selain banyak dapet informasi baru, kadang faktanya itu ngebuat gue berdeham sambil teriak "SHIT MEN"

Terima kasih untuk Pak Gustav Aulia - dosen di mata kuliah Investigative Reporting yang membuka mata gue pertama kali bagaimana keindahan laporan investigasi dalam balutan dokumenter. Chill, all the list nggak cuma soal investigasi laporan ala reportase trans tv.

Semoga film-film ini juga bisa meracuni kalian untuk makin tertarik nonton film dokumenter lainnya. Let's go!

1. FIFA's Dirty Secret (2010)

EU/UK

Show: Panorama (BBC Investigation Documentary) | Presenter: Andrew Jennings

29 November 2010 (30 mins)

World cup tidak pernah menarik untuk gue awalnya, selain bikin gue jadi tau lagu Waka Waka dan ini merupakan liga sepak bola terbesar dunia. Sampai akhirnya gue disodorkan film ini selama satu semester, menganalisa dan mencari tau segala faktanya - membuat gue mengetahui kekelaman di dalam organisasi penyelenggara World Cup yakni FIFA.

FIFA's Dirty Secret menyajikan Andrew Jennings menelisik 3 dugaan terhadap FIFA, penyuapan untuk segala kepentingan World Cup mulai dari tuan rumah hingga hak siar, black market penjualan tiket World Cup, dan juga kasus pajak yang harus ditanggung para tuan rumah penyelenggara World Cup.

Wait, masih terdengar berat? Tenang aja, Jennings bisa membawakan acara ini to the point, dan langsung point out siapa-siapa targetnya yang nyatanya melibatkan petinggi-petinggi yang mengontrol FIFA. Nggak hanya itu, Jennings langsung menunjukkan langsung data-data dan ngehampirin langsung tokoh-tokoh yang terlibat.

Nonton ini tuh bikin gue sadar bahwa banyak bangetttt kejahatan yang dilakuin dan keterpurukan suatu negara dalam gelaran megah World Cup. Jadi kalau merasa Indonesia bobrok banget? Jangan sedih, semua negara punya perangnya sendiri sendiri. 

2. FYRE: The Greatest Party That Never Happened (2019)

USA

Show: Netflix | Director: Chris Smith

18 Januari 2019 (1 hr 37 mins)

Sepertinya ini film dokumenter pertama lagi yang gue tonton setelah lama nggak nonton film dokumenter sejak kuliah. Tergoda melihat trailer, dan promo materialsnya bikin gue akhirnya menonton ini film ini di akhir pekan.

Nggak nyangka, gue sangat sangat menikmati film ini. Seru banget karena isunya melibatkan festival musik besar yang dipromosikan oleh socialite level A Hollywood. Waktu itu juga rame banget di sosial media karena acaranya yang berantakan dan nggak ada yang bertanggung jawab.

Dokumenternya diceritakan oleh berbagai sudut pandang dari para mantan pegawai Fyre Media App. FYRE merupakan sebuah festival musik yang digadang-gadang akan sukses besar dengan konsepnya yang menarik dan berbeda di sebuah pulau kecil. Nyatanya, festival ini bukan hanya berantakan tapi sebuah bencana untuk semua orang. Selain berakhir tidak ada musik, orang-orang yang sudah datang juga kesulitan untuk menemukan sinyal atau pulang.

Dokumenter ini menyoroti persiapan tidak matang, ekspektasi berlebihan, dan anggapan sepele founder Fyre Media App, Billy McFarland. Bagaimana setiap orang berusaha untuk menjadikan acara ini berhasil sangat membuat takjub dan deg-degan sepanjang dokumenter bahkan seakan nonton thriller.

Kisah kegagalan Fyre nggak hanya disoroti Netflix tapi juga oleh Hulu dengan judul berbeda. Cuma sayang gue belum sempet nonton yang edisi Hulu. But I really recomend you to watch this one.  

3. Leaving Neverland (2019)

USA

Show: HBO | Director: Dan Reed

25 Januari 2019 (3 hr 56 mins)

Meninggalnya Michael Jackson beberapa tahun silam memang masih menyimpan berbagai kontroversi. Kesuksesan dan kekayaan Jackson sedari dahulu nggak menutup kemungkinan bahwa ia menyimpan banyak rahasia besar. Jika kamu pernah denger gosip bahwa Michael Jackson dituntut atas kasus Pedofilia, dan penasaran lebih lanjut bagaimana kelanjutannya, maka dokumenter ini bisa menjadi jawaban kamu.

Leaving Neverland menceritakan kelamnya sejarah yang dirasakan 2 anak kecil yang mengklaim diri mereka sebagai korban pelecehan seksual dari Almarhum Michael Jackson. Kini kedua anak kecil itu telah menginjak usia 30 tahunan dan menceritakan kembali bagaimana mereka pertama kali bertemu, perlakuan Jackson kepadanya, bagaimana mereka diundang ke Neverland - taman bermain besar milik Jackson, hingga pelecehan seksual yang dilakukan.

Dokumenter ini dibagi menjadi 2 episode di HBO dan memiliki versi singkat untuk Channel 4 di UK. Kontroversi yang dihadirkan jelas memancing fans Michael Jackson untuk bersuara membantah berita ini. Sejak rilisnya dokumenter ini, terdapat beberapa dokumenter baru yang mencoba memecahkan ke-legit-an dari dokumenter ini.

Gue sangat merekomendasikan dokumenter ini karena ceritanya seru walaupun agak panjang dan di beberapa part tampak berbelit belit. Raut wajah para korban mungkin tidak tampak segitu tertekannya, tapi kekosongan mata mereka kala menceritakan secara detail rupa Neverland nggak heran kerap membuat kita bergidik beberapa kali.

Jadi buat yang penasaran tampilan Neverland, silakan nonton.

4. The Great Hack (2019)

USA

Show: Netflix | Director: Karim Amer, Jehane Noujaim

24 July 2019 (1 hr 53 mins)

Kalau masih tertarik dengan hal hal yang sifatnya kontroversial dan melibatkan skandal besar tapi masih bisa mudah dicerna, bisa coba yang satu ini. Masih fresh from the oven karena baru dirilis tahun ini (2019).

Masih inget peridoe pemilihan presiden USA yang akhirnya memenangkan Donald Trump? Tidak lama setelahnya ramai pemberitaan bahwa tim riset Donald Trump (Cambridge Analytica) menggunakan strategi kampanye mereka berdasarkan 50 juta data pribadi pengguna Facebook via sebuah kuis personality - yang mana membuat mereka tidak hanya mengakses data pribadi pengikut kuis tetapi juga daftar teman di setiap akunnya.

Keramaian itu menyudutkan Mark Zuckerberg selaku CEO Facebook. Ia dituntut untuk menjelaskan sistem keamanan data pribadi Facebook karena terbukti bahwa hal tersebut sesuatu yang lumrah di dunia marketing. Keramaian ini berakibat turun drastisnya saham Facebook hingga 9%.

Untuk detail permasalahannya bisa dibaca di sini abis itu cus langsung nonton filmnya. Nonton ini rasanya pengen nutup semua akun sosial media deh! Eh tapi nanti kepoin gebetan gimana ya? Hm

5. Street Food (2019)

USA

Show: Netflix | Creator: David Gelb, Brian McGinn

TV Series 2019 - present (30 mins)

Kalau lagi pengen ngeliat something beautiful, something delightful, yang ini baru pas buat kamu. Street Food dari Netlfix dihadirkan dalam bentuk serial, di episode pertamanya langsung meraih banyak perhatian masyarakat apalagi dengan adanya jajanan dari Indonesia.


Dari adegan adegan awalnya rasanya udah bikin kita pengen keluar rumah untuk beli makanan jalanan apapun yang bisa ditemuin saat itu juga. Selain makanannya yang menggugah selera, cara pengambilannya nih nantangin banget!


Street Food mengeksplor berbagai makanan jalanan di banyak negara berikut juga interview eksklusif langsung dengan para pemilik, koki, dan tokoh dibalik tiap warung makanan tersebut. Nonton ini siap siap laper mata dan laper perut yah!

Itu adalah 5 dokumenter yang ngebuat gue lately jadi sering banget obsessed sama film dokumenter. Selain seru dan nambah pengetahuan, kadang suka nggak percaya aja kalau itu semua nyata gitu. Bener-bener genre menarik kalau pengen nonton sesuatu yang nggak kebanyakan drama aneh aneh.


Selamat menonton dan menambah pengetahuan gengs!

Salam Hombimba,

Graisa

xxx


#Dokumenter #Netflix

SEARCH
ABOUT ME

A Ravenclaw-kind-of-girl. Unstoppable talker. Clichest & blurnest thinker. 

I write about books, films, art performances, and my daily  thoughts during traffic jam.

GET IN TOUCH
  • YouTube - Grey Circle
  • Twitter - Grey Circle
  • Instagram - Grey Circle
  • LinkedIn - Grey Circle
BE THE FIRST ONE TO KNOW
NEW FROM THE OVEN
YOU MAY LIKE THIS ONE
Logo ungu Transparent.png
  • YouTube - Grey Circle
  • Twitter - Grey Circle
  • Instagram - Grey Circle
  • LinkedIn - Grey Circle